Menimbang Untung Rugi Usaha Kos Kosan

Namun perlu diketahui bahwa usaha tersebut tidak luput dari ketentuan pajak atas bisnis kos-kosan. Permintaan hunian sewa seperti kost di Jakarta cukup tinggi. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung fasilitas dan lokasinya.

Usaha kost-kostan

Mulai dari bedeng-bedeng tripleks bertarif murah meriah, hingga kelas premium nan mewah dengan harga sewa belasan juta setiap bulan. Pandemi membuat mobilitas mahasiswa dan karyawan menurun drastis. Itu juga berpengaruh pada geliat bisnis kos-kosan yang kini semakin sepi.

Sewa-menyewa tempat tinggal jadi solusi untuk mengatasi masalah ini, baik itu rumah kontrakan atau kost-kostan. Kedua bisnis propertiini sejak dulu memang memiliki prospek cerah untuk mencari rezeki. Kamu tentunya pernah mendengar band Kotak yang beberapa tahun belakangan sempat banyak penggemar.

Karena jika rumah kost tidak dikelola dengan baik, bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Justru Anda bisa kehilangan banyak uang dan tidak mendapatkan keuntungan. Namun untuk memulai bisnis pemyewaan kamar kost kostan memerlukan modal besar. Modal usaha yang utama dari bisnis kamar kosan adalah mempunyai lahan kosong yang kemudian dibangun beberapa unit kamar kost kosan.

Kos-kosan saat ini dibangun dengan berbagai tipe, mulai dari fasilitas yang standar sampai yang eksklusif. Dari sini dapat disimpulkan bahwa, usaha kos-kosan baik dalam jumlah yang kecil maupun besar tetap dikenakan pajak. Bisnis rumah kost-kostan akan memberikan peluang bisnis lain. Peluang bisnis yang bisa didapatkan dari investasi rumah kost adalah menyediakan jasa laundry, atau kantin yang bisa anda jaga sendiri. Jasa–jasa tersebut merupakan peluang usaha yang berpotensi untuk mendapatakan untung yang dapat anda andalkan. Selain itu, anda bisa menawarkan diri kepada para pemilik rumah kost di sekitar anda untuk menjadi tenaga pengelola rumah kost kostan.

Keamanan maksimal dapat dijadikan sebagai senjata untuk mendapatkan nilai plus di mata calon customer. Anda pun bisa melakukan order hanya menggunakan gadget saja lalu kami akan segera mensurvey lokasi untuk menentukan penghitungan kerja sama. Anda bisa langsung memantau perkembangan pekerjaan proyek yang kami terima secara online. Nah, sekarang sebaiknya anda segera menghubungi customer service kami jika memiliki banyak pertanyaan atau mengalami kendala tertentu. Anda juga bisa langsung klik web site resmi dan terpercaya kami di MITRARENOV untuk melihat testimoni pelanggan yang telah puas dengan kinerja kami serta mendapatkan informasi lebih lanjut. Ditinjau dari konteksnya, kos dan kontrak sebenarnya sama-sama memanfaatkan satu ruang dan bangun tertentu.

Umumnya harus menyediakan dana yang cukup besar untuk perawatan setelah masa kontraknya selesai. Jika tidak, besar kemungkinan para penyewa baru kurang tertarik dengan rumah kontrakan yang Anda kelola. Membangun kontrakan secara market lebih besar jika dibandingkan dengan membangun tempat kos-kosan. Selain itu, para pendatang rata-rata lebih memilih untuk mengontrak dibandingkan dengan kos. Bisnis ini kian canggih dengan foundation aplikasi dalam jaringan untuk menjaring pelanggan dan memudahkan sistem pembayaran.

Bukan sekedar kamar, fasilitas kos yang dinamainya D’Modern Kos itu layaknya resort. Pengecualian dalam aturan PP Nomor 34 Tahun 2017 ini akan mengubah sistem penghitungan pajak kos-kosan ke skema pemajakan yang lebih simpel yaitu PP 46 Tahun 2013. Bentuk penyewa kos dan induk semang ini lalu menjadi model umum yang berlaku di masyarakat kita. Tak jarang, hubungan antara anak kos dan tuan rumah ini sarat kekeluargaan, disebabkan kerapnya interaksi di antara mereka. Tak sedikit dari hubungan itu yang berlanjut dengan pernikahan antara anak kos dengan pemilik kos atau anak tuan rumah. “Orang-orang yang punya rumah tapi enggak bisa tinggal dekat kantor karena macet, ya memilih tempat kost yang bagus.

Platform RoomMe menjembatani pemilik aset dengan mereka yang membutuhkan kamar sewa untuk kost. Salah satu investasi bisnis properti di Bali yang saat ini yang sangat prospektif adalah investasi di bisnis kost-kostan. Tidak dapat dipungkiri memang kebutuhan akan rumah tinggal semakin hari akan semakin banyak. Sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata dan salah satu pusat ekonomi di Indonesia membuat banyak pendatang dari dalam maupun luar pulau datang ke Bali untuk mengadu nasib mencari pekerjaan. Tentunya hanya sedikit dari mereka yang memiliki rumah tinggal di Bali, jadi satu-satunya pilihan adalah tinggal di kost-kostan.

Per 2 Januari 2018, berlaku aturan baru yang mengecualikan “jasa pelayanan penginapan” dari pengenaan Pajak Penghasilan Final dengan tarif 10%. Selain itu, biaya listrik juga ditanggung oleh pengelola sehingga penghuni tak perlu lagi pusing untuk membayar tagihan setrum. Sistem keamanan juga sangat ketat yang dilengkapi dengan radio frequency identification system dan sekuriti 24 jam, dan CCTV di setiap lantai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *