Kuliah Sambil Kerja, Why Not?

Disitulah kamu harus pandai memanfaatkan waktu luang kamu untuk tetap produktif. Sepulang kuliah atau bekerja kamu bisa mempersiapkan diri untuk mempelajari materi kuliah kamu atau untuk menyiapkan diri bekerja esok harinya. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempraktikkan langsung ilmu yang kamu dapatkan di kampus dan mengaplikasikannya saat bekerja. Kamu juga bisa sambil bertanya dengan rekan kerja kamu untuk menambah pengetahuan mengenai bidang yang sama dengan jurusan kamu.

Cari tahu kegiatan apa saja yang perlu Anda lakukan agar tujuan Anda bisa tercapai lalu tentukan target untuk diri sendiri. Jika Anda menambahkan catatan ke dalam kalender di ponsel, misalnya tenggat tugas kuliah, jadwal ini akan muncul juga di desktop Anda di rumah. Dengan demikian, Anda bisa melihat berapa banyak tugas yang sudah selesai dan mengatur jadwal untuk tugas lain yang masih menanti.

Pertama, Anda harus punya agenda kegiatan harian atau bahkan mingguan. Ya, buatlah kegiatan yang Anda ingin lakukan bersama anak Anda, Moms.Mulai dari jenis kegiatannya, hingga jam mulai sampai selesainya. Hal itu karena waktu yang dimiliki seorang ibu pekerja sangat sedikit. Waktu berkualitas hanya tercipta setelah ia pulang, sementara saat pagi atau subuh harinya menyiapkan masakan untuk anak dan suami. Belajar hidup, itulah intinya bagi Anggy dalam menjalani kehidupannya di Jerman.

Ya memang melelahkan ketika kamu tergabung dalam organisasi di sela-sela kesibukan kuliah. Skala prioritas dan minat perlu disusun agar kamu tidak ngawur dan asal-asalan menjalani kesinambungan antara kuliah dan organisasi. Organisasi akan membuatmu berhadapan dengan banyak aktivitas sehingga akan banyak menemui tantangan. Kamu dituntut harus memecahkan masalah dalam team agar kapal yang sedang berlayar dapat sampai tujuan dengan selamat. Proses ini akan membawamu pada pemahaman pola pikir yang solutif ketika menemui perkara di kemudian hari, sebab, tentu kamu tidak ingin tenggelam.

Kuliah sambil kerja memang bukanlah hal yang mudah, karena tugas dan pekerjaan menjadi dua kali lipat dengan waktu yang semakin sedikit. Kadang bahkan kita tidak memiliki waktu untuk mengerjakan salah satu tugas tersebut sehingga menyebabkan pekerjaan yang tertunda. Ini dapat menyebabkan beberapa mahasiswa harus rela untuk berhenti kuliah dan meneruskan pekerjaan mereka supaya nantinya bisa kembali kuliah. Sebagai mahasiswa, kamu bisa jadi sangat sibuk atau justru memiliki cukup banyak waktu luang. Bagaimanapun, kamu harus tetap memiliki jadwal yang terukur untuk setiap kegiatan yang kamu lakukan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Menurut Sinamo , setiap manusia memiliki spirit keberhasilan, yaitu motivasi murni untuk meraih dan menikmati keberhasilan. Roh inilah yang menjelma menjadi perilaku yang khas seperti kerja keras, disiplin, teliti, tekun, integritas, rasional, bertanggung jawab dan sebagainya. Lalu perilaku yang khas ini berproses menjadi kerja yang positif, kreatif dan produktif.

Sehingga pekerjaan Anda justru tak segera selesai karena kebanyakan berhenti. Ingat, metode ini bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar tetap produktif. Otak Anda butuh istirahat setelah fokus a hundred% agar tidak kelelahan di sesi Teknik Pomodoro selanjutnya. Selain itu, kegiatan relaksasi juga memberikan waktu kepada otak Anda untuk memproses semua informasi yang baru saja diterima. Ulang lagi Teknik Pomodoro di atas sesuai kebutuhan Anda di hari itu.

Plastic