5 Cara Menyeimbangkan Kuliah Dan Pekerjaan

Jadi, di manapun dan kapanpun bahkan apapun yang terjadi kalau fikiran kalian rileks segera baca-baca materi jangan ditunda, hitung-hitung satu dua poin kalian dapat memahami materi, kan lumayan. Pada saat kalian memiliki waktu luang, maka pergunakanlah waktu itu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Jangan sampai tugas-tugas kuliah kalian menumpuk dan akhirnya kalian menjadi malas untuk menyelesaikannya. Sesuaikan dengan banyaknya mata kuliah dan pekerjaan di kantor supaya Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kalau bisa, pilih jadwal kuliah dalam beberapa hari saja, sisanya bisa Anda gunakan untuk pergi ke kantor. Sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, Anda juga harus tetap memperhitungkan waktu dan juga energi untuk mengerjakan tugas kuliah.

Pastikan jadwal rutin mingguan anda itu terdiri dari perpaduan yang seimbang di antara komponen/kelompok di atas. Di titik inilah anda jarus belajar bijak untuk secara hati-hati tapi bersungguh-sungguh memilih mana yang menjadi prioritas pertama, kedua, dan seterusnya. Ingat, bahwa bagaimanapun anda sedang menjalani pendidikan tinggi sehingga sudah layak dan sewajarnya jika anda meletakkan aktivitas nomor 1 di atas di tempat tertinggi. Di sinilah makna penting dari keseimbangan, maksudnya anda harus belajar menyusun jadwal yang isinya seimbang di antara keempat kelompok di atas.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Keputusan kuliah S2 sambil bekerja mengharuskan kamu menentukan prioritas secara tepat. Kamu harus mengesampingkan hal-hal lain di luar urusan pekerjaan dan kuliah. Misalnya, mengurungkan niat untuk menjadi member gym atau bergabung dengan komunitas hobi. Situs KalderaNews.com adalah kumpulan orang-orang yang peduli dan paham dunia pendidikan dan teknologi untuk kemajuan Indonesia.

Bagi kalian yang menyandang standing sebagai mahasiswa dan karyawan dalam satu waktu memang menuntut tanggung jawab yang besar. Tugas yang harus dilakukan tentu dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang hanya kuliah atau bekerja saja. Bisa jadi hal inilah yang justru membuat kalian menjadi lebih tangguh. Perkara mental sudah tak perlu ditanyakan lagi, kalian dijamin mampu melewati semua deadline dan memenuhi tanggung jawab dengan baik. Berikut merupakan cara menyeimbangkan kuliah dan pekerjaan sehingga hidup tetap nyaman dan menyenangkan untuk dilalui.

Karena itu, bekerja part time bisa jadi salah satu sarana untuk dapat belajar dan mencari pengalaman baru di dunia kerja. Kita bisa belajar lebih banyak soal kemandirian, time management, kerendahan hati, kesabaran. Dan juga bagaimana kita bekerja di bawah kontrol orang lain, sehingga kita tau jika mencari uang itu tidak mudah dan kita dapat lebih menghargai setiap pekerjaan yang diberikan.

Mahasiswa yang mengikuti organisasi mahasiswa dipandang lebih memiliki inisiatif serta dapat memotivasi dan mengarahkan diri sendiri dan rekan dalam bekerja. Cara ini biasa ditempuh oleh orang yang bekerja sambil kuliah tetapi memiliki dana yang pas-pasan. Agar semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan biaya, Anda bisa mencari freelance atau pekerjaan tambahan supaya ada dana lebih yang masuk setiap bulannya. Cara ini tentu sangat membantu sekali dan patut untuk dilakukan.

Quipperian, ternyata kuliah sambil bekerja bisa dilakukan dengan sejalan apalagi jika kamu sudah merencanakannya dengan baik. Dengan strategi yang matang dan disiplin yang tinggi bukan nggak mungkin kalau dua kegiatan ini justru akan saling mendukung. Saat kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ada baiknya kamu terlebih dahulu mendiskusikannya dengan atasan dan tim di tempat kerja. Kamu bisa melakukan perkuliahan di mana saja asal tempatnya kondusif.

Plastic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *